Gladi ANBK SMPIT Al Falah

Rabu, 13 September 2023 pukul 07.30 WIB SMPIT Al Falah melaksanakan Gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang berlangsung selama dua hari, mulai hari Rabu, 13 September 2023 dan hari Kamis, 14 September 2023 yang dilaksanakan dalam 2 sesi, 2 lab komputer. Adapun peserta ANBK di SMPIT Al Falah ini adalah 45 siswa dari kelas VIII.

Untuk susunan panitia, diketuai oleh Miss Dewi Megawati, 2 orang proktor, yaitu Mr. Akhmad Khijazi dan Mr. M. Abdul Ghofari, serta 1 orang teknisi, Mr. Zidni Dlia Arrohman.

Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan di mana ada tiga instrumen yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) terdiri dari Literasi dan Numerasi, Survei Karakter (SK) dan Survei Lingkungan Belajar (SLB).

Gladi bersih ini bertujuan untuk melihat kesiapan sekolah serta mengetahui apakah server pusat dapat mengkodinir pelaksanaan ANBK 2023 secara optimal sebelum menjelang pelaksanaan ANBK. Simulasi hari pertama terdiri dari literasi, dan survey karakter. Sementara hari kedua peserta mengerjakan numerasi dan survei lingkungan belajar.

Ketua ANBK SMPIT Al Falah, Miss Dewi Megawati berharap siswa-siswi mengerjakan dengan sungguh-sungguh.

“Walaupun ini masih tahap gladi, harapannya para siswa tetap mengerjakan setiap soal dengan sungguh-sungguh dan memahami bagaimana berjalannya pelaksanaan ANBK sehingga saat ANBK nanti mereka sudah tidak asing lagi dengan teknis dan sistemnya,” ungkap Miss Dewi.

Pelaksanaan gladi ini selain digunakan untuk menguji kesiapan peralatan seperti komputer dan lainnya, juga untuk melatih siswa bagaimana cara menggunakan aplikasi ANBK.

Untuk gladi ANBK pengawas ruang disiapkan namun berasal dari internal sekolah sendiri. Dalam pelaksanaan ANBK nanti akan ada pertukaran pengawas dengan sekolah lain dalam satu lingkup wilayah pendidikan.

Facebook
WhatsApp
Telegram
Facebook

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Scroll to Top