Isi dan Makna Dasa Darma Pramuka

Bagi kita mendengar kata dasa darma sudah tidak asing lagi, terutama bagi anggota pramuka yang sudah seharusnya nilai dari dasa dharma menjadi bagian dari diri anggota pramuka yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dasa darma secara bahasa terdiri dari dua kata yaitu dasa dan darma. Dasa berarti sepuluh dan darma berarti pebuatan terpuji atau mulia. Maka dasa darma bisa diartikan sepuluh tindakan terpuji atau mulia dan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dasa darma adalah kode moral untuk pramuka penggalang, penegak, pandega, dan anggota dewasa.

Berikut ini 10 isi Dasa Darma Pramuka beserta maknanya. Agar lebih mudah diingat, anggota pramuka biasanya menghafal suku kata awal pada tiap poin, yaitu Ta-Ci-Pa-Pa-Re-Ra-He-Di-Be-Su.

1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

3. Patriot yang sopan dan ksatria

4. Patuh dan suka bermusyawarah

5. Rela menolong dan tabah

6. Rajin, terampil dan gembira

7. Hemat, cermat dan bersahaja

8. Disiplin, berani dan setia

9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya

10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Makna Dasa Darma Pramuka
Anggota pramuka juga wajib mengetahui makna Dasa Darma Pramuka agar bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini makna dari masing-masing poin dasa darma.

1. Takwa Kepada Tuhan yang Maha Esa
Manusia adalah makhluk yang lemah karena semuanya adalah pemberian dari Tuhan. Untuk itu, anggota pramuka juga harus bertakwa, yaitu menjalankan perintah Tuhan dan menjauhi larangannya. Misalnya seorang muslim wajib salat lima waktu, nasrani wajib ibadah ke gereja, begitupun dengan agama lainnya.

2. Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia
Sebagai pramuka, kita harus menjadi contoh bagi orang di sekitar kita untuk selalu mencintai alam dengan merawat dan menjaga lingkungan sekitar. Selain itu, kita juga sebagai makhluk sosial harus berkasih sayang sesama manusia tanpa memandang suku, bangsa, ras, agama maupun budaya.

3. Patriot yang Sopan dan Ksatria
Seorang pramuka harus bersikap sopan dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu harus ditunjukkan dalam tindakan dan tutur kata namun tetap memiliki jiwa kesatria dan pemberani dalam kondisi yang tepat.

4. Patuh dan Suka Bermusyawarah
Yang dimaksud patuh adalah mengikuti aturan yang berlaku, baik itu di lingkup keluarga maupun dalam kehidupan bernegara. Sedangkan suka bermusyawarah, tentu anggota pramuka harus mengedepankan musyawarah untuk mengambil keputusan demi kepentingan bersama.

5. Rela Menolong dan Tabah
Seorang pramuka harus rela dan ikhlas menolong sesama manusia tanpa membedakan agama, warna kulit, suku, dan sebagainya. Dalam berjuang,
seorang anggota pramuka harus tabah menghadapi masalah dan rintangan.

6. Rajin, Terampil, dan Gembira
Seorang pramuka harus rajin dan selalu melakukan hal positif. Tidak bermalas-malasan dan menunda pekerjaan. Seorang pramuka juga terampil dalam melakukan suatu tindakan yaitu selalu menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi merupakan contoh dari penerapan terampil dalam kehidupan sehari-hari. Tidak lupa pula anggota pramuka selalu bergembira dalam menjalankan aktivitas.

7. Hemat, Cermat, dan Bersahaja
Anggota pramuka harus hemat, cermat dan bersahaja. Artinya, kita harus rajin menabung dan cermat dalam mengeluarkan uang. Yang dimaksud bersahaja adalah selalu tampil sederhana.

8. Disiplin, Berani, dan Setia
Disiplin artinya tertib dalam membagi waktu sesuai aturan, baik saat di sekolah maupun di rumah. Berani dalam konteks ini adalah berani untuk melakukan hal yang baik, berani untuk berprestasi dan berani jika benar. Sedangkan setia adalah setia pada janji dan tidak mengkhianati teman.

9. Bertanggung Jawab dan Dapat Dipercaya
Ketika diberi tugas, seorang anggota pramuka harus melaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan konsekuen yaitu sesuai dengan apa yang telah dikatakan atau diperbuat, berwatak teguh, tidak menyimpang dari apa yang sudah diputuskan, itulah yang disebut dapat dipercaya.

10. Suci dalam Pikiran, Perkataan, dan Perbuatan
Manusia sejati adalah manusia yang memiliki pikiran suci, bersih dan bebas dari iri dan dengki. Hal itu juga diterapkan dalam perkataan dengan contoh kecil tidak mengucapkan kata atau kalimat kasar, termasuk dalam perbuatan atau tindakan juga harus dijaga agar tidak menyimpang dari aturan yang ada.

Itulah isi dan makna Dasa Darma Pramuka yang wajib diketahui anggota pramuka. Selain dihafalkan, Dasa Darma Pramuka harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari karena nilainya merupakan nilai luhur yang ada dalam kehidupan. Jika seorang anggota pramuka telah mengamalkan sepuluh Dasa Darma Pramuka, maka tindakan atau perilakunya dapat dikendalikan.

Facebook
WhatsApp
Telegram
Facebook

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Scroll to Top