Kecanduan Belajar? Emang Bisa?

Menurut data dari Kemendikbud Ristek, jumlah siswa di Indonesia mencapai 53,14 juta jiwa. 24, 04 juta merupakan siswa SD; 9,97 juta siswa berada di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP); 5,32 juta murid berada di Sekolah Menengah Atas (SMA); 5,08 juta siswa di bangku Sekolah Menengah Kejuruan; 3,74 juta di tingkat Taman Kanak-kanak (TK); jumlah murid di Kelompok Belajar (KB) sebanyak 2,44 juta orang. Siswa yang bersekolah di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan Satuan PAUD Sejenis (SPS) masing-masing sebanyak 1,6 juta orang dan 614,033 orang. Siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) mrncapai 158,514. Sedangkan siswa yang berada di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Taman Pendidikan Al Quran (TPA) secara berurutan sebanyak 132,510 orang dan 52,478 orang.

Dari banyaknya jumlah siswa di Indonesia, tidak sedikit masalah yang sering ditemukan dalam kegiatan belajar. Sangat disayangkan jika angka siswa yang banyak tidak sebanding dengan kualitas dan hasil dari proses belajar yang panjang karena permasalahan yang dihadapi. Salah satu masalah yang sering ditemukan yaitu motivasi belajar pada siswa yang rendah.

Motivasi belajar merupakan hal yang mendasar untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal karena adanya dorongan internal untuk mencapai hal tersebut. Sebaliknya, jika motivasi belajar rendah, siswa tidak memiliki semangat ataupun keinginan untuk belajar sekalipun. Kurangnya motivasi bisa terjadi karena berbagai faktor, sehingga perlu dicari tahu penyebab atau latar belakangnya.

Apabila seseorang telah mengetahui faktor penyebab rendahnya motivasi belajar, maka mengatasi masalah atau mencari solusinya akan lebih mudah. Tidak cukup sampai di sini, motivasi tersebut harus dijaga agar semangat untuk belajar tidak sampai berkurang dan bisa membuat belajar lebih maksimal yang akhirnya seseorang menemukan jalan agar bisa kecanduan belajar. Memang bisa kita kecanduan belajar?

Bisa guys, ini bukanlah suatu hal yang mustahil karena kecanduan belajar bisa dicapai sejalan dengan motivasi yang ada pada diri kita. Lalu bagaimana caranya?

Baca tips berikut ini agar belajar menjadi candu buat kita!

  1. Menemukan cara belajar pada diri sendiri

Banyak tips belajar yang bisa kita dapatkan dari orang lain atau bahkan sosial media. Mulai dari belajar di tempat yang sepi, belajar di tempat paling nyaman, hingga cara lainnya seperti belajar sambil mendengarkan musik atau belajar sambil bermain. Di sisi lain tidak sedikit pula orang yang bisa belajar dimana saja, namun untuk kita yang masih berusaha menyukai belajar, harus bisa mendapatkan cara belajar terbaik agar memiliki kenyamanan sendiri, meskipun berbeda dari yang lain.

2. Tahu tujuan dari belajar

Memang sebagai pelajar, belajar merupakan suatu kewajiban. Namun jika kita tidak tahu arah atau tujuan dari belajar itu apa, mungkin di suatu titik akan menemukan kejenuhan. Maka dari itu, kita bisa merawat motivasi dan menumbuhkan rasa kecanduan belajar dengan mengetahui tujuan dari mempelajari suatu hal.

3. Melakukan secara bertahap

Jika ingin memulai untuk suka belajar, kita bisa lakukan hal tersebut secara bertahap juga dengan durasi waktu belajar yang bertahap pula. Jangan sampai kita justru terbebani oleh belajar itu sendiri karena tidak dimulai dengan sedikit demi sedikit. Membuat jadwal setiap harinya bisa membantu untuk melihat seberapa jauh kita sudah bisa suka untuk belajar.

4. Mengubah mindset

Seringkali kita mendengar kata belajar itu beban atau bahkan suatu hal yang membosankan. Terlebih jika harus mempelajari apa yang tidak kita suka. Itu semua terjadi karena mindset yang telah terbentuk, mindset negatif tentang belajar. Mulai sekarang kita bisa mengubah mindset bahwa belajar adalah suatu hal yang menyenangkan, meskipun kita mendapatkan kesulitan dalam belajar , kita bisa menganggap itu suatu tantangan yang seru.

Itulah beberapa cara agar kita bisa kecanduan belajar. Yuk mulai suka belajar dari sekarang!

Facebook
WhatsApp
Telegram
Facebook

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Scroll to Top