Mengenal Ro’an, Pemersatu Santri

Seperti yang kita ketahui, pondok pesantren selalu memiliki ciri khas dalam menerapkan kegiatan ataupun pembelajaran dan pastinya tidak lepas dari kebersamaan yang melekat antar sesama santri. Salah satunya adalah ro’an, tradisi khas pesantren. Mengapa dikatakan tradisi? Karena ro’an merupakan kegiatan rutin suatu pondok untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan nyaman sebagai implementasi dari hadits:

الطُّهُوْرُ شَطْرُ الإِيْمَانِ
“Kesucian itu sebagian dari iman.” (HR. Muslim)

Ro’an mebiasakan santri gotong royong, kerja bakti merawat dan menjaga lingkungan pondok. Dari sisi inilah, ro’an menjadi pemersatu santri karena kegiatan yang dilakukan bersama dan mampu menumbuhkan jiwa sosial pada pribadi setiap santri.

Di Ponpes Modern Al Falah sendiri, ro’an dilaksanakan setiap hari Ahad. Semua santri dikumpulkan di lapangan dan dibagi tugas oleh pengurus kebersihan mulai dari membersihkan asrama, kamar mandi, halaman hingga dapur dan apapun yang ada di lingkungan pondok. Selain menyatukan seluruh santri, kegiatan ini juga merupakan upaya untuk membiasakan santri hidup sehat melalui kebersihan lingkungan dan tidak seperti kerja bakti pada umumnya, bukan hanya kebersihan yang menjadi tujuan ro’an, melainkan keberkahan selalu menjadi harapan utama para santri.

Facebook
WhatsApp
Telegram
Facebook

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Scroll to Top