Challenge dan Seleksi Calon Presiden Organisasi Santri Ma’had Al Falah Modern (OSMAM)

Menuju akhir semester gasal, santri Pondok Pesantren Modern Al Falah disibukkan oleh banyak hal, mulai dari ujian pondok, ujian sekolah hingga persiapan pergantian kepengurusan bagi anggota Organisasi Santri Ma’had Al Falah Modern (OSMAM).

Dalam regenerasi kepengurusan OSMAM, kegiatan diawali dengan pemilihan calon presiden OSMAM yang telah mengikuti rangkaian seleksi sebelumnya. Salah satunya adalah seleksi melalui challenge yang diberikan oleh dewan asatidz dan asatidzah pembimbing OSMAM untuk melihat seberapa kuat mental santri yang mencalonkan diri sebagai kandidat presiden OSMAM 2024. Ada 8 santri kelas XI Madrosatul Ulya yang telah menyetorkan namanya sebagai kandidat calonpresiden. Mereka adalah Rehan Maulana, M. Reza Aditya, Pandu Hanafie Ikhwana, Azril Maulana, Leviana Secilia, Khikmatul Maftukha, Nuzlatun Inayah, dan Triya Mulyaningsih.

Pada hari Jumat, 24 November 2023, challenge pertama untuk seleksi calon presiden OSMAM 2024 dimulai. 8 santri tersebut mengikuti interview bersama 3 asatidz dan 3 asatidzah yaitu Ustadz Fandi, Ustadz Kristo, Ustadz Ni’am, Miss Intan, Ustadzah Lala, dan Miss Alifia. Satu persatu calon dipanggil dan diberi pertanyaan menengenai diri mereka, visi misi, motivasi menyalonkan diri sebagai presiden OSMAM dan juga pertanyaan seputar Pondok Pesantren Modern Al Falah.

Usai melaksanakan interview, mereka berkumpul dan menerima tantangan selanjutnya yaitu leadership atau kepemimpinan. Tugas yang diberikan adalah mangatur jalannya ro’an dan memimpin rapat internal calon pengurus OSMAM. Dari dua jenis tantangan leadership tersebut dapat dinilai bagaimana mereka memahami arti dan peran pemimpin, serta memberi gambaran kepada 8 kandidat tersebut mengenai bagaimana presiden OSMAM memimpin organisasi dan juga seluruh santri.

Sabtu, 25 November 2023 menjadi puncak dari tahap seleksi capres OSMAM ini, 8 kandidat yang mencalonkan diri diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi rapat internal bersama calon pengurus OSMAM. Dari presentasi tersebut dewan asatidz dan asatidzah mengupas tuntas rencana dan program yang akan disusun untuk memajukan Al Falah jika terpilih menjadi presiden OSMAM, pada momen ini juga sekaligus penentuan dan pengumuman hasil seleksi. 2 santri putra dan 2 santri putri yang lolos menjadi calon presiden yaitu Rehan Maulana, Pandu Hanafie, Leviana Secilia, dan Triya Mulyaningsih. Selanjutnya mereka harus mengikuti rangkaian pemilihan lainnya yaitu kampanye serta pemilihan umum presiden OSMAM 2024.

Facebook
WhatsApp
Telegram
Facebook

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Scroll to Top