Hari Literasi Internasional

8 September merupakan peringatan Hari Literasi Internasional atau International Literacy Day.

Dalam peringatan Hari Literasi Internasional 2023, tema yang dibawakan adalah Promoting literacy for a world in transition: Building the foundation for sustainable and peaceful societies yang artinya Mempromosikan literasi untuk dunia dalam transisi: Membangun fondasi untuk masyarakat yang berkelanjutan dan damai.

Hari Literasi Internasional 2023 dirayakan di tingkat global, regional, negara, dan lokal di seluruh dunia. Di tingkat global, konferensi diselenggarakan secara langsung dan online pada hari Jumat, 8 September 2023, di Paris, Prancis. Perayaan global ini mencakup upacara penghargaan UNESCO International Literacy Prizes untuk mengumumkan program pemenang hadiah yang luar biasa tahun ini.

Menilik sekilas sejarah Hari Literasi Internasional yang dikutip dari detiknews.
Sejak tahun 1967, perayaan Hari Literasi Internasional tanggal 8 September telah berlangsung setiap tahun di seluruh dunia untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya melek huruf sebagai masalah martabat dan hak asasi manusia, dan untuk memajukan agenda literasi menuju masyarakat yang lebih melek huruf dan berkelanjutan.

Masih dengan sumber yang sama, sebelum itu menurut laman National Today, gagasan untuk Hari Literasi Internasional diusung selama Konferensi Menteri Pendidikan Dunia untuk Pemberantasan Buta Huruf di Teheran pada tahun 1965. Kemudian UNESCO barulah menetapkan peringatannya secara resmi pada 26 Oktober 1966.

UNESCO menetapkan tanggal 8 September sebagai Hari Literasi Internasional untuk mengatasi buta huruf global. Selanjutnya, Hari Literasi Internasional pertama kali dirayakan pada 8 September 1967, dan telah menjadi acara tahunan selama 50 tahun terakhir.

Facebook
WhatsApp
Telegram
Facebook

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Scroll to Top