Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Air putih adalah zat cair yang terdiri dari molekul hidrogen dan oksigen. Air putih sangat diperlukan dalam tubuh dengan berbagai fungsinya seperti melepas haus, pencegah dehidrasi, sebagai antioksidan yaitu melepas racun dalam tubuh, dan juga berperan penting dalam mencukupi kebutuhan cairan tubuh sehingga kita diwajibkan mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter tiap harinya.

Selain beberapa fungsi dan manfaat air putih yang telah disebutkan, ada banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi air putih.

1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular
Rutin mengonsumsi air putih dan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dapat mencegah penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

2. Menjaga Konsentrasi
Kekurangan cairan tubuh juga berdampak pada terganggunya fungsi otak, terutama kemampuan untuk fokus dan konsentrasi. Untuk mengoptimalkan fungsi otak dapat dilakukan dengan rutin mengonsumsi air putih.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Rutin mengonsumsi air putih dan mencukupi asupan cairan dalam tubuh, dapat melancarkan fungsi pencernaan.

4. Memelihara Kesehatan Kulit
Kurangnya cairan tubuh dapat menyebabkan kulit menjadi kering, dan dengan minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan dapat menghidrasi kulit serta membuatnya lembab.

5. Menjaga Kesehatan Sendi dan Otot
Konsumsi air putih secara rutin dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan sendi serta otot tubuh.

6. Menurunkan Berat Badan
Mengonsumsi air putih dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh yang memudahkan dalam membakar lemak serta membuang keringat melalui kotoran, urine, ataupun tinja. Hal ini dapat membuat berat badan turun.

7. Mencegah Batu Ginjal
Asupan cairan yang cukup dapat melancarkan proses pembuangan sisa metabolisme melalui urine dan mencegah terbentuknya kristal yang dapat menyebabkan batu ginjal.

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi air putih dan mencukupi cairan dalam tubuh yang dikutip dari laman resmi alodokter.

Facebook
WhatsApp
Telegram
Facebook

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Scroll to Top