Pelaksanaan ANBK di SMK, MA, dan SMA 45 Al Falah

Senin, 28 Agustus 2023 SMK Al Falah Jatirokeh melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang berlangsung selama dua hari, mulai hari Senin, 28 Agustus 2023 dan hari Selasa, 29 Agustus 2023 yang dibagi menjadi 1 sesi dalam 2 lab komputer. Adapun peserta ANBK adalah siswa kelas XI.

Dilanjutkan hari Rabu, 30 Agustus 2023 dan hari Kamis, 31 Agustus 2023 menjadi giliran MA dan SMA Al Falah melaksanakan ANBK. Dalam ANBK MA dan SMA juga dibagi menjadi 1 sesi dalam 2 lab komputer.

Asesmen Nasional sendiri adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Dalam ANBK ini, hari pertama peserta mengerjakan literasi, dan survey karakter. Sementara hari kedua peserta mengerjakan numerasi dan survei lingkungan belajar.

Untuk pelaksanaan ANBK ada pertukaran Pengawas dengan sekolah lain dalam satu lingkup wilayah pendidikan. Pengawas untuk SMK Al Falah sendiri dari SMKN 2 Songgom, untuk ANBK MA serta SMA Al Falah, pengawas berasal dari SMAN 1 Wanasari.

Facebook
WhatsApp
Telegram
Facebook

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Scroll to Top