Pengertian dan Sejarah Bola Basket

Bola basket, siapa yang tidak mengenal jenis olahraga yang satu ini. Biasanya permainan bola basket dikenalkan di lingkungan sekolah. Tidak sedikit sekolah-sekolah mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) memberikan fasilitas lengkap hingga pelatih profesional untuk memberikan kualitas yang baik dalam permainan bola basket siswa yang biasanya menjadi bagian dari ekstrakurikuler sekolah.

Begitu banyak dikenal oleh berbagai kalangan. Namun, apakah sudah mengenal sejarah bola basket itu sendiri?

Dilansir dari detik.com, bola basket merupakan salah satu jenis olahraga yang menggunakan bola besar. Bola dimainkan oleh suatu kelompok yang terdiri dari dua tim dengan beranggotakan lima orang pada masing-masing tim.

Kedua tim tersebut bersaing untuk mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke ring basket lawan.

Bola basket diciptakan pertama kali oleh Dr. James Naismith seorang guru asal Kanada, Amerika Serikat pada tahun 1891.

Awalnya, Naismith ingin membuat permainan yang dapat dimainkan oleh siswanya saat musim dingin. Jadi ia menciptakan permainan bola yang dimainkan di dalam ruangan.

Konsep awal permainan bola basket dimainkan oleh 9 orang di setiap timnya. Namun seiring berjalannya waktu, jumlah pemain berkurang menjadi 5 pemain di masing-masing tim dan dengan konsep 5 pemain pada masing-masing tim ini masih berjalan sampai sekarang.

Permainan bola basket semakin berkembang dan mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1920-an. Permainan ini pertama kali dibawa oleh bangsa Belanda yang diperkenalkan melalui saudagar Cina.

Para pedagang Cina membawa permainan bola basket sebagai permainan yang memang sudah berkembang dan sering mereka mainkan.

Kemudian para perantau ini membentuk komunitas bola basket dan mendirikan sekolah. Sehingga bola basket berkembang pesat khususnya di kalangan anak sekolah.

Pada tahun 1930 komunitas basket di Indonesia mulai terbentuk di beberapa kota besar seperti di Jakarta, Medan, Surabaya, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta.

Sejak saat itu olahraga bola basket tersebar cepat di Indonesia.
Pasca kemerdekaan Indonesia, pada tahun 1948 diselenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Solo dan untuk pertama kalinya, bola basket masuk kompetisi level nasional.

Saat itu basket hanya dimainkan oleh kelompok pria saja. Hingga pada tahun 1951, olahraga basket di PON memperbolehkan grup pria dan wanita untuk bermain.

Pada tahun yang sama, 1951, terbentuk Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia atau dikenal juga dengan Perbasi.

Permainan bola basket di Indonesia terus berkembang, pada tahun 1953 pertama kalinya regu basket Indonesia bermain di ajang internasional di Asian Games Manila.

Facebook
WhatsApp
Telegram
Facebook

1 thought on “Pengertian dan Sejarah Bola Basket”

  1. Baru saja menemukan blog luar biasa ini dan saya benar-benar terkesan! Gaya penulisan penulisnya tidak hanya informatif tetapi juga memikat, membuatnya menjadi bacaan yang sangat menyenangkan. Kudos untuk pikiran brilian di balik ini! Menantikan untuk menjelajahi lebih banyak kontennya yang penuh wawasan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Scroll to Top