Persami dalam Rangka Penerimaan Tamu Ambalan dan Tamu Penggalang Al Falah

Perkemahan Sabtu Minggu atau Persami merupakan kegiatan berkemah yang dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu seperti namanya. Perkemahan sendiri merupakan salah satu macam kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan secara outdoor. Berkemah melatih diri untuk hidup bermasyarakat di alam terbuka dengan menggunakan tenda sebagai tempat bernaung dari panas, dingin, hujan, dan bahaya lainnya.

Pada hari Sabtu, 12 Agustus 2023 Ponpok Pesantren Modern Al Falah gelar persami di bumi perkemahan Al Falah dalam rangka penerimaan tamu ambalan dan tamu penggalang serta pembukaan latihan kegiatan pramuka Al Falah. Selain itu dalam momen ini juga sekaligus memperingati Hari Pramuka 14 Agustus 2023.

Tujuan adanya persami ini sebagai bentuk pengenalan kepada santri baru tentang bagaimana pramuka Al Falah, serta sebagai sarana saling mengenal satu sama lain di dalam gudep yang berbeda. Kegiatan ini juga melatih kreativitas, kepercayaan diri, dan kepemimpinan dalam berorganisasi.

“Untuk kegiatannya pasti pengenalan tentang pramuka, kreativitas, kepercayaan diri, dan kepemimpinan. Jadi apa yang mereka dapat Insya Allah akan bermanfaat untuk kedepannya, baik untuk diri sendiri maupun di organisasi,” tutur Kak Dewi Megawati pembina pramuka Al Falah.

Sesuai dengan salah satu tujuannya sebagai bentuk pengenalan kegiatan pramuka di Al Falah, peserta yang mengikuti kemah adalah kelas 7 SLTP dan kelas 10 SLTA.

Dari 2 tingkatan sekolah ini terdapat 5 gudep yaitu MTs, SMP, MA, SMK, serta SMA. Dengan pelaksanaan kemah yang bersamaan, Dewan Ambalan (DA) dan Dewan Penggalang (DP) didampingi pembina bekerja sama untuk melancarkan kegiatan persami tahun ajaran 2023/2024.

Perkemahan Sabtu Minggu kali ini dibuka langsung oleh kepala pondok, Ustadz Jamalullel. Dalam sambutannya beliau menyampaikan agar semua peserta perkemahan mengikuti seluruh kegiatan dengan tenang, khidmat, penuh rasa syukur, dan juga gembira. Karena kunci kesuksesan dalam menjalankan pramuka adalah gembira dan tidak meninggalkan nilai-nilai pramuka yang harus tetap ditanamkan pada diri masing-masing.

Selanjutnya, beberapa permainan dan pembelajaran yang berkaitan dengan kepramukaan menjadi rangkaian acara persami, seperti kreasi, api dharma, penampilan dalam pentas seni, kegiatan rohani dengan salat tahajud dan itikaf, senam pagi upaya menyehatkan jasmani, wide game, serta diakhiri dengan operasi semut untuk membersihkan bumi perkemahan sebelum apel penutupan persami.

Kemudian pada hari Senin, 14 Agustus 2023, seluruh santri, dewan guru, serta pengasuh Ponpes Modern Al Falah melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Pramuka.

Facebook
WhatsApp
Telegram
Facebook

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Scroll to Top