Unsur dan Teknik Dasar Pencak Silat

Pencak silat merupakan seni bela diri asli Indonesia yang telah diakui dunia, bahkan pencak silat telah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya tak benda.

Menurut KBBI arti Pencak Silat sendiri adalah kepandaian berkelahi, seni bela diri khas Indonesia dengan ketangkasan membela diri dan menyerang untuk pertandingan atau perkelahian.

Pencak silat memiliki beberapa unsur di dalamnya, yaitu unsur kesenian, unsur olahraga, unsur bela diri, unsur pendidikan mental kerohanian, serta unsur persaudaraan

Untuk menguasai seni bela diri ini, beberapa teknik dasar harus diketahui. Berikut beberapa teknik dasar pencak silat.

1. Teknik Kuda-kuda
Teknik dasar pencak silat satu ini terdiri dari kuda-kuda depan, kuda-kuda tengah, kuda-kuda belakang, kuda-kuda samping, kuda-kuda silang dan kuda-kuda depan dan belakang.

Teknik dasar kuda-kuda berfungsi untuk menjaga keseimbangan saat menyerang ataupun bertahan. Teknik ini membutuhkan kekuatan bagian kaki.

2. Teknik Sikap Pasang
Sikap pasang adalah teknik pencak silat yang posisinya dikombinasikan dengan kuda-kuda dan bersifat fleksibel sesuai dengan situasi, bisa saat bertahan maupun menyerang.

3. Teknik Tangkisan
Tangkisan menjadi teknik dasar pencak silat yang penting untuk bertahan. Ada tiga jenis teknik tangkisan yaitu tangkisan dalam, tangkisan luar, tangkisan atas dan tangkisan bawah.

4. Teknik Pukulan
Gerakan pukulan bisa digunakan untuk menyerang lawan ataupun bertahan. Ada empat jenis teknik pukulan yaitu pukulan lurus, pukulan tegak, pukulan bandul dan melingkar.

5. Teknik Tendangan
Di dunia pencak silat ada empat teknik tendangan dalam pencak silat. Ada tendangan lurus, tendangan sabit, tendangan T, tendangan jejak dan tendangan belakang.

6. Teknik Guntingan
Teknik dasar pencak silat guntingan ini merupakan salah satu teknik untuk menjatuhkan lawan. Metodenya adalah kaki berlawanan dan menjepit.

Jenis-jenis teknik pencak silat guntingan ada guntingan depan, guntingan samping, guntingan belakang dan guntingan atas.

7. Teknik Arah
Teknik dasar pencak silat lainnya adalah teknik arah. Teknik ini berhubungan dengan ke mana pesilat akan melangkah saat menyerang ataupun bertahan. Teknik jenis ini juga dikenal dengan delapan penjuru mata angin.

8. Teknik Pola Langkah
Teknik pencak silat berupa pola langkah terdiri dari beberapa macam yaitu pola langkah lurus, pola langkah zig-zag, pola langkah U, pola langkah S, pola langkah segitiga dan pola langkah segi empat.

Itulah beberapa unsur dan teknik dasar pencak silat.

Facebook
WhatsApp
Telegram
Facebook

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Scroll to Top