Ponpes Modern Al Falah Gelar Upacara Peringatan HUT RI ke-78

Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Pondok Pesantren Modern Al Falah, Jatirokeh, pada Kamis, 17 Agustus 2023, berlangsung dengan khidmat dan lancar. Pengasuh Ponpes Modern Al Falah, Gus Moch. Iqbal Tanjung sebagai inspektur upacara memimpin langsung upacara tersebut. Hadir pula semua guru dan karyawan serta asatidz dan asatidzah dalam upacara ini.

Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun ini mengusung tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.” Tema ini mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk melanjutkan pembangunan dengan semangat estafet, yaitu saling bekerja sama, berkolaborasi, dan bersinergi untuk mencapai tujuan bersama.

Upacara dimulai dengan laporan dari Hilmi selaku pemimpin upacara kepada inspektur upacara.

Pengibaran bendera Merah Putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya pun berhasil ditunaikan dengan baik oleh para Paskibra yang tergabung dalam pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45. Sang Merah Putih tampak gagah berkibar di lapangan Ponpes Modern Al Falah.

Tak ketinggalan, amanat dari inspektur upacara kepada semua peserta memberikan motivasi terutama bagi santri sebagai generasi muda untuk tidak melupakan sejarah Indonesia dan tetap menjaga cita-cita luhur bangsa. Lebih dari itu, Gus Iqbal juga menyampaikan tugas santri sebagai generasi muda untuk terus menuntut ilmu. Karena kedepannya penjajahan tidak lagi menggunakan senjata, tetapi menggunakan handphone barang terdekat kita. Maka dihimbau pula untuk selalu bijak bermain gadget maupun sosial media agar tidak menjadi boomerang dalam penjajahan di era digital.

Setelahnya, semua peserta upacara menyanyikan lagu nasional, yaitu“Hari Merdeka” karya Husein Mutahar dan juga lagu “Satu Nusa Satu Bangsa,” karya L. Manik. Tidak terlewatkan Mars Al Falah pun dinyanyikan bersama oleh semua hadirin dan peserta upacara.

Kemudian laporan komandan upacara kepada inspektur upacara bahwa rangkaian Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia telah selesai dilakukan menjadi penutup rangkaian upacara HUT RI ke-78 di Pondok Pesantren Modern Al Falah.

Facebook
WhatsApp
Telegram
Facebook

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Scroll to Top