Haul KH. Moch. Nasrudin bin KH. Ahmad Tarsyudi yang Ke-3


Ahad, 19 Muharram 1445 H/06 Agustus 2023 M, Pondok Pesantren Modern Al Falah mengadakan Haul Akbar Al Maghfurlah KH. Moch Nasrudin Tarsyudi bin KH. Ahmad Tarsyudi yang ke-3. Dalam acara ini turut mengundang tamu khusus KH. Abbas Billy Yachsi (Kang Babas), KH. Mas Mansur Tarsyudi, KH. Sholahudin Masruri, KH. Labib Shodiq, KH. Agus Mudrik, Dr. KH. Sopyan Hadi, Bapak Pri Sulisto, KH. Husni Faqih Mansur, MUSPIKA Kec. Songgom, Perangkat Desa Jatirokeh, keluarga besar Bani Ma’shum Jatibarang, serta Kyai Drs. Afifulloh. Dihadiri pula oleh santri, wali santri, alumni, dan juga masyarakat Jatirokeh dan sekitarnya.

Sama seperti tahun sebelumnya, haul diisi dengan hadrah dari Habibaturrosul, khotmil Quran, santunan untuk anak yatim, tahlil dan doa, pembacaan ayat suci Al Quran dan shalawat, sambutan shohibul haul, pembacaan sekapur sirih sejarah singkat Abah Yai Nasrudin, sambutan sesepuh keluarga Ponpes Modern Al Falah, serta mauidhoh hasanah. Untuk mempererat tali silaturahmi, Ponpes Modern Al Falah juga mengadakan temu alumni setelah acara haul selesai.

Rangkaian pra-acara yang pertama adalah Khotmil Quran oleh santriwan Madrasatul Quran wa Tahfidz Ponpes Modern Al Falah yang didampingi asatidz. Kemudian tampilan hadroh dari Habibaturrosul dan diikuti santunan anak yatim.

Beberapa anak yatim dari sekolah yang ada di sekitar Jatirokeh diundang dalam santunan ini, 2 siswa dari TK Islam Azzahra, 4 siswa RA Al Furqon, 1 siswa dari TK Pertiwi Jatirokeh, 4 siswa MI Al Furqon, 4 siswa MI Islamiyah Jatirokeh, 11 siswa SDN 1 Jatirokeh, 4 siswa SDN 2 Jatirokeh, 12 siswa SDN 3 Jatirokeh, serta 12 siswa yatim SDN Dukuhpayung. Santunan disampaikan langsung oleh Umi Hj. Danilah dan Gus Abdurrahman Zuhad.

Suasana khidmat mengiringi acara selanjutnya pada pembacaan tahlil dan doa bersama untuk Almarhum Almaghfurlah KH. Moch Nasrudin yang dipimpin oleh Gus H. Yazid.

Kemudian rangkaian acara inti yang diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al Quran dan shalawat oleh Dr. KH. Sopyan Hadi, M.A. Diikuti sambutan oleh shohibul haul dari Gus Iqbal Tanjung. Beliau mengucapkan rasa terima kasih keluarga besar Abah Yai Nasrudin kepada alumni, wali santri, masyarakat sekitar Jatirokeh, masyarakat kabupaten Brebes, serta semua yang hadir dalam acara haul Abah Nash yang ke-3. Dengan hadirnya pada haul Abah Nash, diharapkan dapat membawa keberkahan bagi semua. Beliau juga menyampaikan acara haul akan dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk pengabdian kepada Abah Nasrudin.

Sekapur sirih sejarah singkat Abah Yai Nasrudin mengiringi acara selanjutnya. Perjalanan serta pesan-pesan semasa hidup beliau disampaikan oleh Gus Faeshal Khadafi. Diikuti sambutan sesepuh keluarga besar Ponpes Modern Al Falah yang disampaikan oleh KH. Husni Faqih Mansur.

Termasuk kedalam acara inti, mauidhoh hasanah disampaikan oleh KH. Abbas Billy Yachsi (Kang Babas) pengasuh Pondok Pesantren Buntet Cirebon. Kemudian acara ditutup doa yang dipimpin langsung oleh Kang Babas.

Diharapkan dengan rangkaian acara dalam haul Abah Nash ini dapat membawa manfaat dan keberkahan, serta kebaikan bagi semua.

Facebook
WhatsApp
Telegram
Facebook

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya

Scroll to Top